Senin, 23 Maret 2020

'Kini Burung Kenari Tak Punya Ranting'

Teduh hanyut aku kepada lampaunya alam... saat akar masih menjalar dan ranting masih memayung
Bercerita tentang siulan burung di atas tepian sungai
Berbalas sapa satu sama lain, kicau-kicau meracau...

Berbondong burung mengepak sayap
Beruntut siul panggil memanggil
Di pagi yang belum gemerlap matahari
Segerombol paruh terbang, sekawanan kenari
Terbang dari sarang mencari santap awal hari

Senyap tenggelam aku, kepada rimba-rimba dulu... saat hujan belum masam dan udara bersih merundung
Berkata-kata, menyair bersama batang-batang pinus dan nektar bunga
Yang bergoyang kerana angin, rerumputan hijau
Opera-opera suara dari orkestra kenari-kenari muda
Terbang bebas dibawah putih awan-awan
Di siang yang terik, bermain-main di taman kelopak bunga
Terbang semaunya... terbang sekawanan
Di tanah yang rindang rata, di tanah yang indah rupa

Kini burung kenari beranjak pulang...
Namun sungguh-sungguh sayang...
Mereka ternyata tak bisa pulang...
Kini kenari tak punya ranting...
Kini kenari tak punya sarang...

Terdiam aku, kepada waktu-waktu terdahulu...
Saat aku bisa bercerita, tentang kubah kehidupannya semesta
Yang aku lihat sendiri indah wajahnya...
Kini hanya bisa didongeng, karena rimba menjadi tandus, dan alam semakin kurus
Terdiam aku, kepada waktu-waktu yang lalu...
Saat kenari berkicau merdu, kini sunyi karena rumahnya ditebang tanpa ragu

Aku bertanya...
"Kemana kenari-kenariku!?"
"Kemana kenari-kenarimu!?"
Yang kemarin hari aku lihat bertengger, di pohon-pohon dan ranting kayu...
Aku kebingungan...
"Kemana ku cari kepak sayapmu...?"
"Kemana kamu, kenari-kenariku...?"

Aku mencarinya...
Namun semua sudah hilang, habis terbakar dan terbaring
Kemana kenari dan kawan-kawannya...?
Mereka tak berkicau, mereka hanya bisa terdiam memandangi sarangnya hilang beriring
Kemana kenari-kenari dan teman-temannya?
Saat rimba menjadi dinding, hutan beranjak kering... kini burung kenari tak punya ranting.

AL, 21/3/2020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close
Test Iklan