Senin, 23 Maret 2020

'El Mañana'

Dan aku mengambil lebih banyak senjata dan merangkai pandai kata-kata
Aku menginginkan lebih banyak tamak dan harta kaya
Dan aku memelihara lebih banyak prajurit, lebih banyak panglima
Aku akan membentangkan garis sebagai batas, aku akan menjadi tunawisma dan aku akan menjadi putera mahkota
Akankah kita seberangi bersama?
Bersama keturunan dan sebaya
Bersama tanah, air, udara dan cahaya?

Lumrah adanya jikalau tanahku menangis melihat apa yang aku perbuat
Namun yang demikian tak pernah menjadi suatu pengingat
Aku mengambil banyak senjata dan merangkai pandai kata-kata
Untuk melumpuhkan dan menyembuhkan
Dan berusaha menjadi kuasa di atas banyak kepala
Akankah kita seberangi bersama?

Saat penaklukan menjadi tujuan, dan di sana adalah sarangnya hakikat kehidupan
Akankah kita bersama mengait lengan?
Saat aku kelaparan, saat aku berada kenyang di atas meja makan
Persepsiku tentang dosa, persepsiku tentang surga
Akankah kita seberangi bersama?

Untuk merangkak diantara belantara
Dan bertemu dengan macam lelaku, temanku adalah ketidakmungkinan, dan sudut pandang

Bila kita saling meneriaki Tuhan dalam peperangan
Akankah kita menjadi satu dalam kepastian?
Bila kita saling berebut pembelaan seakan malaikat adalah kartel bayaran
Akankah kita menjadi satu dalam kedamaian?

Bila kita menghafal lulabi dan mengharap utusan
Akankah kita terlelap dalam kuasa tanpa sekatan?

Dan hanya jika kita bangun beribu batu peribadatan
Namun kita tak pernah takut akan keyakinan
Kita hanya takut hilang keuntungan
Akankah kita masih bersujud bahkan jika tanpa imbalan?

Dan aku harus mengambil lebih banyak senjata, lebih banyak prajurit dan lebih banyak panglima
Aku harus menyusun pidato dan propaganda
Aku harus menyisihkan belas kasihan
Aku harus menjaga harkat kehormatan
Aku harus bersaing dalam pembunuhan, aku harus menjadi martir dalam keyakinan
Aku harus banyak memenangkan pertarungan

...
Demi perdamaian, demi merdeka
Demi lain duga yang beribu jumlahnya
Bila itu yang musti menjadi budaya
Akankah kita seberangi bersama?

AL, 15/1/2020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close
Test Iklan