Rabu, 25 Maret 2020

'Dari Tenda Tunawisma'

Langkah-langkah kaki pagi hari..
Orang-orang sibuk menata diri..
Ku lihat dari sebalik tenda usang
Yang dipenuhi lubang..

Orang-orang berebut untuk yang pertama..
Dari mencari kerja hingga berebut tahta
Ku lihat mereka dari sebalik tenda
Tenda-tenda tunawisma...

Orang-orang saling bicara.. saling ungkap janji mereka
Ku dengar berbeda, orang-orang bersembunyi dalam tabiatnya..
Ku lihat dari sebalik jendela tenda bekas
Yang dipenuhi bekas siram air keras

Ku tatap setiap mata.. seringkali dilempar cerca, beruntung ku rasa jikalau dilempar makanan sisa
Terkadang ku pungut makanan di tempat pembuangan
Mereka melihatku dari atap-atap bintang lima..
Sembari disuguhi arak dan wanita-wanita..

Aku tertawa.. entah mengapa
Seringkali ku merasa diberi mandat istimewa dari sang pencipta..
Untuk menjadi saksi..
Atas tingkah umatnya
Itupun tanpa upah

Aku kembali lagi bersemayam dalam tenda
Melihat lagi esok yang sama
Dengan jejak-jejak manusia
Manusia-manusia penuh pesona
Manusia-manusia bahagia
Manusia-manusia sebaya
Manusia pendusta

Aku tak merasa iri..
Sebab tak berguna lagi..
Aku hanya menunggu hari
Menunggu kapan pagi tatapku lagi
Menunggu manusia yang terusik melihatku menjadi saksi
Saksi dosa kala mereka bertransaksi
Mungkin besok aku dipukuli lagi
Beruntung tak sampai mati.

AL,9/1/2019

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close
Test Iklan