Selasa, 04 Februari 2020

'Fatatsabbatû'

Bila aku hanya tertuju satu, hanya pada buku-buku;
Aku mati
Bila aku hanya tertuju satu, hanya pada kalimat-kalimatmu;
Aku mati

Bila aku menakar dengan baku;
Aku angkuh
Bila aku menakar tanpa nalar;
Aku pongah

Bila aku berkata cela menuduh, karena apa yang aku baca mengatakan sedemikian itu;
Aku bodoh
Bila aku berujar cela prasangka, karena apa yang aku kaji mengatakan jemawa praduganya;
Aku khayal dan aku utopia

Aku membaca dan mengkaji suatu olah kalimah yang disusun sedemikian rupa
Maka bilamana aku sekedar menerka setiap baitnya, dan mengangguk seperti kerangka tak punya jiwa
Maka panggil aku Judas
Yang berkhianat dan berbuat tak pantas
Kepada jiwa dan akal, kepada nurani
Kepada hati dan indera
Dan kepada sesama isi kepala

Bila aku hanya tertuju satu pada putusan terdahulu
Dan menimbang dengan ayat-ayat yang bisa saja direka palsu
Aku bodoh
Dan aku akan mewujud benalu
Aku bukan nara
Dan aku hidup dalam ego tanpa batas
Aku lantas menasbih diri dewa
Dan itu adalah pengkhianatan; akan cita memanusiakan manusia
Maka aku harus mendekat kepada nyata... mendekat kepada macam pola pikir dan paradigma
Kepada nasihat dan petuah, kepada norma dan irama
Kepada jalan yang cair tak beku, ramah tak baku, menyatu tak kaku, rangkul fatatsabbatû.

AL, 1/10/2019

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close
Test Iklan