Rabu, 14 Oktober 2015

Belajar Bahasa Jepang : Partikel Wa [は]



Partikel Wa []

Partikel ini memang berbentuk huruf “Ha” dalam Bahasa Jepang, namun jika ada yang membaca huruf latin/romaji, banyak yang salah dalam penulisan partikel ini. Kebanyakan dari mereka menuliskan partikel ini dengan huruf “Wa” [], bukan “Ha” [] yang dibaca “Wa” dalam partikel. Fungsi partikel ini adalah untuk menyertakan topik dalam sebuah kalimat.
1.  KALIMAT PERNYATAAN WA 
Subject (S)+ wa + Predikat (P)  +  Desu です
Rumus diatas, merupakan pola kalimat yang paling sederhana dalam bahasa jepang. Subjek (S) dapat berupa kata benda, nama orang, kata ganti orang, kata tunjuk, dan sebagainya.
Sementara, Predikat (P) bisa saja nama orang, kata benda, kata sifat, nama profesi, dan sebagainya. Partikel wa ini sebenarnya tidak bermakna, meski terkadang nuansa artinya mirip dengan kata “adalah”, atau “sebuah”. Fungsi wa dalam sebuah kalimat adalah sebagai penanda subjek, jadi kata sebelum wa merupakan subjek atau topic dari kalimat. Sedangkan kata desu, juga tidak mempunyai arti. Kata desu hanya berfungsi sebagai penutup sebuah kalimat positif yang predikatnya berupa kata benda atau kata sifat.
Contoh kalimat :
-    わたし ユスフ です.
Watashi wa yusuf Desu
Saya adalah yusuf

Yusuf : Ganti dengan nama kalian tapi nulisnya pakai tulisan Katakana ya karena nama selain bahasa jepang harus di tulis dengan katakana. Seperti ユスフ (yusuf).Sebalik nya jika nama kalian bahasa jepang tulislah dengan huruf kanji. Misal nya花子(hanako)
NP: Bagi yang belum hapal katakana busa lihat DISINI.

-    わたし学生です.
Watashi wa gakusei Desu.
Saya adalah siswa.
Gakusei : bisa kita ganti dengan pekerjaan kita.misalnya (パイロット)Pilot

-    わたしたちにほんじんです.
Watashi-tachi wa nihon-jin desu.
Kami adalah orang jepang.

Nihon-jin : bisa di ganti dengan negara kita misal インドネシア (Indonesia) / マレーシア (Malaysia) Karena nama selain bahasa jepang harus di tulis dengan katakana

Kotoba  言葉
Watashi (わたし)                   :Saya
Gakusei (学生)                     :Siswa
Shefu (シェフ)                       :Koki
Sensei (せんせい)                :Guru
Pairotto (パイロット)             :Pilot
Watashi-tachi ( わたしたち) :Kami.

Sekian dari saya
Wasalamualaikum WR.WB


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close
Test Iklan